
Moh Surya setelah
membandingkan batasan belajar dari beberapa ahli, menyimpulkan sebagai berikut:
Belajar ialah suatu proses usaha yang
dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang relatif
menetap, baik yang dapat diamati maupun tidak dapat diamati secara langsung,
yang terjadi sebagai suatu hasil latihan atau pengalaman dalam interaksinya
dengan lingkungan.
Dari batasan ini dapat
diidentifikasikan ciri-ciri belajar sebagai berikut:
1. Dalam
belajar ada perubahan tingkah laku, baik tingkah laku yang dapat diamati secara langsung maupun tingkah laku yang tidak dapat diamati secara langsung.
2. Dalam
belajar, perubahan tingkah laku meliputi tingkah laku kognitig, afektif,
psikomotorik dan campuran.
3. Dalam
belajar, perubahan tingkah laku menjadi sesuatu yang relatif menetap. Bila seseorang
dengan belajar menjadi dapat membaca, maka kemampuan membaca akan tetap dimiliki.
4. Belajar
merupakan suatu proses usaha, yang artinya belajar berlangsung dalam kurun
waktu cukup lama. Hasil belajar yang berupa tingkah laku dapat diamati tetapi
proses belajar sendiri tidak dapat diamati secara langsung.
Faktor yang mempengaruhi
proses dan hasil belajar:
Proses belajar dan hasil
belajar dipengaruhi oleh dua kelompok faktor, yaitu: Faktor yang berasal dari individu yang sedang belajar dan faktor yang
berasal dari luar diri individu.
Faktor
yang berasal dari individu dikelompokkan menjadi dua faktor yaitu faktor psikis
dan faktor fisik, yang termasuk faktor psikis adalah kognitif,
afektif, psikomotor, campuran, kepribadian. Sedangkan yang termasuk faktor fisik antara lain
kondisi: indera, anggota badan, tubuh dan organ-oragan dalam tubuh. Faktor
psikis dan fisik ini, keadaannya ada yang ditentukan oleh faktor keturunan, ada
yang oleh faktor lingkungan dan ada pula yang ditentukan oleh faktor keturunan
dan lingkungan. Dengan uraian ini jelas bila guru harus memperhatikan perbedaan
individu (dalam hal ini peserta didik) dalam memberi pelajaran kepada mereka,
supaya dapat menangani sesuai dengan kondisi peserta didiknya untuk menunjang
keberhasilan belajar, karena faktor-faktor yang mempengaruhi belajar peserta
didik, satu dengan yang lain sangat berbeda. Adapun mengenai faktor yang
berasal dari luar individu dapat dikelompokkan menjdai faktor lingkungan alam,
faktor sosial ekonomi, guru, metode mengajar, kurikulum, materi pelajaran,
sarana dan prasarana.
Pengaruh
faktor-faktor tersebut dalam proses dan hasil belajar diuraikan sebagai
berikut:
Individu
dengan faktor fisik kurang baik, misalnya anggota badan lelah, sakit,
anggota ada yang kurang beres, tentu tidak dapat konsentrasi belajar dan sukar
menelaah meateri pelajarannya. Keadaan ini lebih kacau bila disertai kurang
penglihatan dan kurang pendengaran. Dalam keadaan komplikasi seperti ini
sebaiknya proses belajar dihentikan terlebih dahulu. Tetapi bila individu hanya
mengalami kurang penglihatan atau kurang pendengaran saja, proses belajar dapat
berlangsung, tetapi harus disesuaikan dengan keadaan individu, misalnya bila
individu kurang pendengaran, proses belajar lebihbaik kkmengurangi terlibatnya
pendengaran sebelum kekurangan pendengaran diperbaiki.
Individu
yang mengalami ganggunan dalam salah satu faktor psikis, misal tingkat
kecerdasan terlalu rendah tentu sukar menelaah materi pelajaran walaupun materi
pelajaran tersebut sangat sederhana. Dari hasil penelitian para ahlli,
diperkirakan 25% hasil belajar dipengaruhi oleh tingkat kecerdasan. Dengan
demikian supaya prestasi belajar individu yang mempunyai IQ rendah, proses
belajar harus disesuaikan kondisinya. Misalnya kalimat dalam buku-buku bacaan
diusahakan pendek dan sederhana.

Mengenai faktor yang
berasal dari luar diri individu, pengaruhnya antara lain sebagai berikut:
Lingkungan alam yang panas, gersang atau lembab dan berbau, menyebabkan orang
enggan belajar atau kalau belajar mereka sukar menangkap informasi yang
diberikan. Tetapi alam yang sejuk, membantu orang lebih giat belajar, mengenai
faktor sosial, lingkungan hiruk pikuk atau justru yang sunyi senyap juga
mengganggu konsentrasi belajar. Ada sementara orang yang dapat belajar bila ada
iringan musik atau sambil makan camilan, Tetapi ada yang sebaliknya, tanpa
musik dan camilan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar