Karena aku beda....Ibu !
"Ada benarnya juga sebuah teori yang mengatakan anak itu ibarat kertas putih ketika lahir.Dan peran orangtua yang bisa menuliskan didalam kertas itu.Ini pula sejalan dengan "tripusat pendidikan anak....
'Kamu bilang aja jujur,karena saya ingin croscek dan menguji kejujuranmu.Itu lebih penting bagimu berkata "jujur"
"Iya bu,saya memang tidak sampe sekolah, saya lagi kalut dalam situasi begini saya lebih suka menyendiri...
....Hampir satu jam,anak itu bisa membuka diri tentang banyak hal,lingkungan yang tidak kondusif,berada dalam situasi tertekan,idealisme ataupun persoalan dengan keluarganya. Dan pada sebuah cerita,dari bola mata anak itu "keluar air mata. Bisa jadi ia tertekan.......
"Iya bu,saya memang tidak sampe sekolah, saya lagi kalut dalam situasi begini saya lebih suka menyendiri...
....Hampir satu jam,anak itu bisa membuka diri tentang banyak hal,lingkungan yang tidak kondusif,berada dalam situasi tertekan,idealisme ataupun persoalan dengan keluarganya. Dan pada sebuah cerita,dari bola mata anak itu "keluar air mata. Bisa jadi ia tertekan.......
Baiklah,situasi yang serius namun santai harus bisa dibangun.
Konflik dengan orangtua,sering dimarahi terutama ibunya kalau dia pulang malam,yah karena dia suka main dan acara kopdar. Apakah sebuah kesalahan?kalau dia tertarik dengan variasi motor dan tetek bengek,drpada mendengarkan ceramah pengajian??Terdidik dengan keluarga yang taat, tapi dia berbeda meskipun pengakuannya kewajiban masih dikerjakan.....
Pahamilah masa remaja pada anak, hal ini biar bisa mengerti kondisi anak remaja,
|
Ciri-ciri Masa Remaja :
a. Masa remaja sebagai periode yang penting
Menurut
Tanner, bagi sebagian besar anak muda, usia antara dua belas dan enam belas
tahun merupakan tahun kehidupan yang penuh kejadian sepanjang menyangkut
pertumbuhan dan perkembangan. Tak dapat disangkal selama kehidupan janin dan
tahun pertama dan kedua setelah kelahiran, perkembangan berlangsung semakin
cepat, dan lingkukngan yang baik semakin lebih menentukan, tetapi bersangkutan
sendiri bukanlah remaja yang memperhatikan perkembangan atau kurangnya
perkembangan dengan kagum, senang atau takut.
b. Masa remaja sebagai masa peralihan
Struktur
psikis anak remaja berasal dari masa kanak-kanak dan banyak ciri yang umumnya
dianggap sebagai ciri khas remaja sudah ada pada akhir masa kanak-kanak. Dalam
periode peralihan ini remaja mengalami keraguan akan peran yang dia lakukan,
namun di lain pihak peran tidak jelas ini menguntungkan pada dirinya karena
dengan ini memberi waktu pada remaja untuk menentukan pola perilaku, nilai,
sifat yang sesuai dengan dirinya dan mencoba gaya hidup baru.
c. Masa remaja periode perubahan
Ada
empat perubahan yang terjadi pada remaja:
1. Meningginya
emosi yang
intensitas pada tingkat perubahan fisik dan psikologis yang terjadi.
2. Perubahan
tubuh, minat dan
peran yang diharapkan oleh kelompok sosial yang dipesankan menimbulkan masalah
baru.
3. Dengan berubahnya
minat dan pola perilaku maka nilai-nilai juga berubah, apa yang dulu
dianggap penting sekarang hampir tidak penting lagi.
4.
Sebagian besar
remaja bersifat ambivalen terhadap setiap perubahan, mereka sering
menuntut kebebasan tapi takut bertanggung jawab akan akibatnya dan meragukan
kemampuan mereka mengatasi masalah tersebut.
d. Masa remaja sebagai usia yang bermasalah
Masa
remaja sering menjadi masalah yang sulit diatasi baik oleh laki-laki maupun perempuan.
Terdapat dua alasan bagi kesulitan itu :
1. Sepanjang
masa kanak-kanak semua masalah diselesaikan oleh orangtua ataupunguru sehingga
kebanyakan remaja tidak berpengalaman dalam mengatasi masalah.
2. Karena remaja
merasa dirinya mandiri, sehingga mereka ingin mengatasi masalahnya sendiri,
menolak bantuan orangtua ataupun guru.
e. Masa remaja sebagai masa mencari identitas
Seperti
dijelaskan Erikson, identitas diri yang dicari remaja berupa usaha untuk
menjelaskan siapa dirinya, apa peranannya dalam masyarakat. Apakah ia seorang
anak atau dewasa? Apakah nantinya ia akan jadi suami atau ayah? apakah ia mampu
percaya diri sekalipun latar belakang ras atau agama atau nasionalnya membuat beberapa orang
merendahkannya? Secara keseluruhan apakah ia akan berhasil atau gagal?
f. Masa remaja sebagai ambang masa dewasa
Dengan
semakin mendekatnya usia kematangan yang sah, para remaja menjadi gelisah untuk
meninggalkan stereotip belasan tahun dan untuk memberikan kesan bahwa mereka
sudah hampir dewasa. Berpakaian dan bertindak seperti orang dewasa ternyata
belum cukup. Oleh karena itu, remaja mulai memusatkan diri pada perilaku yang
dihubungkan dengan status dewasa yaitu merokok, minum-minuman keras,
menggunakan obat dan terlibat dalam perbuatan seks. Mereka menganggap bahwa
perilaku ini akan memberikan citra yang mereka inginkan.
Perubahan tubuh selama masa remaja
Perubahan Eksternal
Perubahan
intelektual
a. Tinggi
Rata-rata
anak perempuan tinggi matang pada usia tujuh belas dan delapan belas tahun dan
rata-rata anak laki-laki setahun sesudahnya. Anak yang diberi imunisasi lebih
tinggi daripada yang tidak mendapat imunisasi.
b. Berat
Perubahan
berat badan mengikuti jadwal yang sama dengan perubahan tinggi.
c. Proporsi Tubuh
Berbagai
anggota tubuh lambat laun mencapai perbandingan tubuh yang baik.
d. Organ seks
Baik
organ seks pria maupun wanita mencapai ukuran yang matang pada masa akhir
remaja, tetapi fungsinya belum matang sampai beberapa tahun kemudian.
e. Ciri-ciri seks sekunder
Ciri-ciri
seks sekunder yang utama berada pada tingkat perkembangan yang matang pada
akhir masa remaja.
a. Sistem pencernaan
perut
menjadi lebih panjang dan tidak lagi berbentuk pipa, usus bertambah panjang dan
brtambah besar, otot2 di perut dan dinding usus menjadi lebih tebal dan
kuat,hati bertambah berat.
b. Sistem peredaran darah
Jantung
tumbuh pesat selama masa remaj,pada usia tujuh belas atau delapan belas
beratnya dua belas kali berat pada waktu lahir.
c. Sistem pernapasan
Kapasitas
paru-paru anak perempuan hampir matang pada usia tujuh belas tahun, anak laki-laki mencapai
kematangan beberapa tahun kemudian.
d. Sistem endokrin
Kelenjar-kelenjar
seks berkembang pesat dan berfungsi meskipun belum mencapai ukuran matang
sampai akhir masa remaja atau awal masa dewasa/
e. Jaringan tubuh
Perkembangan
kerangka berhenti rata-rata pada usia delapan belas. Jaringan selain tulang
terus berkembang sampai tulang mencapai ukuran matang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar