Selasa, 10 Januari 2017

Inteligensi Ganda

Cukup lama orang beranggapan bahwa IQ (inteligent quotient) merupakan penentu kesuksesan belajar dan hidup seseorang,ternyata itu tidak selalu benar. ada banyak orang IQ tinggi tapi gagal dalam hidup, maka meskipun penting IQ bukan segala2nya.sekarang ditemukan pentingnya emosionl quotien (EQ) dan juga spiritual quotien (SQ).
Banyak guru mengajar sesuai dengan inteligensi yang menonjol, misalnya kalau guru memiliki inteligenis linguistik yang menonjo ia akan menjelaskan semua mata pelajaran dengan model linguistik. Namun inteligensi yang menonjol pada guru seringkali beda dengan yang menonjol pada siswa, maka seringkali pengajaran guru tidak mengena dan membantu siswa menerti lebih mendalam, maka secara psikologis siswa tidak senag belajar dab akhirnya malas belajar.
Guru sendiri sebenarnya dapat dapat mengembangkan inteligensinya yang menonjol secara lebih lengkap dan mendalam, bila mereka awalnya menonjol adalah inteligensi linguistik, merekapun dapat mengembangkan inteligensi yang lain, seperti musikal, kinesteti badsni,ruang visual atau matematika logis. Dalam hal ini guru tidak boleh berputus asa, guru diajak kreatif dan majui, tidak puas dengan caranya yang sama terus menerus.
Kita dapat mengenal mengenai inteligensi ganda dalm hidup kita masing-masing, semakin menyadarinya dan juga mengembangkannya  sehingga semakin berdampak dalam tahap hidup selanjutnya. Beberapa latihan ayang dapat membantu para guru mengembangkan inteligensi ganda antara lain :
  1. Inteligensi Linguistik(berkaitan dengan kemampuan berbahasa lisan secara tertulis maupun lisan); kemampuan ini dapat dilatih dengan membaca hal-hal yang disenangi, ataupun dapat membuat kalimat denga kata-kata baru,membuat buku harian dsb..
  2. Inteligensi Matematis logis, terungkap pada kemampuan berfikir logis, nalar, abstrak, matematus,sebab akibat dan berurutan.Kemampuan ini dapat dilatih seperti membuat formula/simbol,membiasakan problem solving.
  3. Inteligensi musikal, ini terwujud pada kepekaan musik,ritme lagu dan nada.kemampuan ini dapt dilatih dengan menyanyi, memainkan alat uik.
  4. Inteligensi Ruang visual ,berupa warna,bentuk,desain,struktur. kemampuan ini bisa dilatih dengan warna,menggambar,melukis, membuat peta.
  5. Inteligensi Kinestetik badani, adalah bahasa tubuh, berupa olahraga,kerja tangan, dansa, isyarat.
  6. Inteligensi Interpersonal berkaitan dengan kemampuan untuk hidup bersama,bergaul dan berkomunikasi, kemmapuan dapat dilatih dengan latihan memberikan feedback,memahami perasan orang,empati  kepada orang lain.
  7. Inteligensi Intrapersonal,dalam hidup ini kta selalu ingin melihat diri,merefleksikan diri,menerima diri dan mnengerti inilah kekuatan inteligensi intrapersonal.
  8. Inteligensi Lingkungan     

Bagaimana dengan sekolah yang ada sekarang ini? sudahkah semua pengajar bisa memahami adanya keunikan dari peserta didik,tentusjaa semua kembali  pada figur dan kompetensi guru dalam memahami ,dan lebih sulit lagi sistem pendidikan. Jika berhadapan dengan ini, tak dapat dilakukan karena selama ini yang terbangun adalah kepatuhan, menuruti aturan, sytandar pencapaian yang harus menjadi patokan.Masih bisa melakukan perubahan itu,jika kita tak bisa mengubah sistem,suatu tatanan yang telah ada, mulailah dari diri sendiri,selalu membuka untuk sebuah perubahan menajadi lebih baik,



   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar